Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Membuat VCO Tanpa Pemanasan - Untuk membuat VCO, sebenarnya ada banyak cara, mulai dari yang memakai pemanasan, dengan peragian, pancingan, menggunakan pengadukan atau dengan pemutaran berkecepatan tertentu (sentrifuge). Cara yang akan dipelajari kali ini adalah membuat VCO tanpa pemanasan, kita akan menggunakan mesin pengaduk.

Membuat VCO tanpa Pemanasan


Peralatan Yang Dibutuhkan untuk Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Sebelum memulai membuat VCO tanpa Pemanasan, kita siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan.

  1. Sendok lengkung
  2. Tissu berwarna putih yang tidak ada parfum atau pewanginya
  3. Saringan
  4. Corong
  5. 0,5 meter selang kecil
  6. Kain putih yang biasa digunakan untuk menyaring tahu
  7. Wadah transparan berukuran 4,5 liter lebih
  8. Mesin pengaduk atau mixer


Membuat VCO Tanpa Pemanasan
Membuat VCO Tanpa Pemanasan


Bahan untuk Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Bahan yang digunakan untuk membuat VCO tanpa Pemanasan tentu saja kelapa. Gunakan kelapa yang sudah tua karena kandugnan lemaknya cukup tinggi, sehingga baik untuk membuat minyak.

Buah kelapa yang dibutuhkan adalah 5 butir, parut semuanya. Kelapa yang sudah diparut jangan sampai didiamkan lebih dari satu jam. Jadi, setelah selesai pemarutan, langsung saja dilakukan pemerasan untuk mengeluarkan santannya. Hal ini untuk menghindari terjadinya bau tengik pada minyak yang sudah jadi.

Setelah didapatkan kelapa parut, lalu peras sampai diperoleh santan kelapa kental atau yang biasa disebut kanil. Pemerasan bisa dilakukan memakai saringan yang halus atau bisa juga menggunakan kain saring agar prosesnya lebih cepat dan santan yang didapat lebih bersih.

Setelah selesai proses pemerasan, diamkan santan selama 30 menit, hal ini dilakukan untuk mempermudah memisahkan antara kanil dan endapan.

Jika sudah terpisah antara kanil dan endapan, masukkan kanil ke dalam mixer, lakukan pengadukan selama 8 jam. Setelah proses pengadukan, nantinya kita akan mendapatkan endapan dari calon VCO. Endapan ini kita pisahkan dari kanil dengan menggunakan selang kecil.

Pemisahan Air Dan Minyak

Setelah dilakukan pemisahan endapan dan kanil, diamkan kembali kanil selama kurang lebih 8 jam sampai terpisah antara VCO, endapan tengah atau blondo, dan endapan bagian bawah. Wadah transparan yang digunakan tadi fungsinya adalah untuk melihat terjadinya proses pemisahan ini.

Kita bisa memisahkan antara blondo dengan VCO menggunakan saringan teh yang sudah dilapisi dengan tissu. Untuk mengambil lapisan minyak yang paling atas, gunakan sendok lengkung. Kita harus sabar dalam proses pengambilan ini, agar mendapatkan VCO yang baik.

Menggunakan Mesin untuk Membuat VCO Tanpa Pemanasan

Jika kamu membuat minyak kelapa yang murni ini untuk tujuan bisnis, maka bisa menggunakan mesin produksi VCO modern untuk membuat VCO dengan kapasitas yang besar. Selain nantinya minyak akan diperoleh dengan mudah, hasilnya tentu juga berkualitas.

Mesin yang digunakan adalah centrifuge, minyak yang dihasilkan dengan menggunakan centrifuge akan memiliki kadar air yang lebih rendah. Oleh karena itu, kualitas VCO yang dihasilkan dari proses centrifuge tentu akan lebih baik dan diminati. Selain karena kualitasnya yang baik, mineral yang ada juga homogen.

Nah, kalau kamu mau pesan VCO dalam Tonase bisa menghubungi :

Sofhal Jamil
0813-1622-5758
WA : 0817-20-5958
Email : sofhal.jamil@gmail.com

Untuk literan atau beberapa Liter bisa langsung ke lapak kami di :

 VCO   




(VCO)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »